Wednesday, April 26, 2017

#BIRUCUAP : Si Kecil Pengoda, Malas.

Satu kata penghancur dunia menurut saya adalah ....

MALAS

Ya. Malas bisa bikin rencana yang udah dibuat, atau bahkan diimajinasikan tertunda bahkan gagal.
Malas sendiri bisa menyebabkan kita melakukan banyak hal negatif. Sebenarnya apa sih yang bisa bikin kita jadi malas?

Menurut saya, ini beberapa penyebab malas dan solusinya.

  1. Stres, Penyebab ini biasanya yang paling sering menjadi tekanan manusia. Banyaknya tekanan pada sehari-hari manusia zaman sekarang biasanya membuat kita makin sering menemui kata stres. Kalau sudah stres, saya sarankan beri tubuhmu liburan sehari saja, bisa dengan makan enak, main ke taman atau bahkan bertemu keluarga
  2. Tugas dan Jadwal Padat. Malas biasanya mudah sekali muncul saat kita sedang memiliki jadwal yang padat dan tugas yang banyak dari tempat belajar. Maka dari itu, coba buat skala prioritas pada keseharianmu agar kamu tidak terlalu panik ketika tidak dapat melaksanakan hal sesuai jadwal.
  3. Motivasi turun. Solusi dari hal ini adalah buat kutipan kutipan singkat serta pajang impianmu di tempat yang bisa kamu lihat seperti di pintu kamar dan lainnya. Jadi setiap kamu malas kamu bisa melihat tulisan itu dan kembali semangat menggapai mimpimu.
  4. Manajemen diri yang rendah. Pasti pernah kan minimal sekali seumur hidup terlambat? Nah itu boleh, tapi kalau keseringan itu namanya kamu kurang disiplin pada dirimu sendiri.
  5. Tidak terampil. Kalau kamu merasa kamu malas karena alasan tidak bisa atau tidak jago dalam hal tersebut, coba baca buku-buku, apalagi zaman sekarang semua tips sudah bisa didapatkan di google.
  6. Perfeksionis. Penyebab malas yang satu ini biasanya karena berfikiran semua punya waktunya sendiri. Kalau kamu memiliki fikiran itu, berarti kamu akan dengan siap membuka pintu untuk kemalasan. Tenang aja, kesempurnaan itu hanya milik Tuhan Yang Maha Esa, manusia sebagai makhluk ciptaannya harus bisa berusaha agar dapat berguna di akhirat kelak.
  7. Malas Gerak! Tipe yang satu ini solusinya cuma satu, BERGERAKLAH DARI KASURMU! Coba pergi ke kamar mandi, cuci muka, tangan dan kakimu bahkan kalau kamu muslim berwudhu' lah, karena dengan mencuci anggota gerakmu kulitmu akan kembali segar sehingga memberi sugesti semangat ke tubuh.

Jadi sekarang dari 1-7, ada berapa penyebab malasmu? Kalau kamu memiliki lebih dari 1, maka ayo bergerak sekarang dan lakukan solusimu, bisa dengan cara saya atau bisa dengan caramu sendiri. Selalu katakan pada diri sendiri:
"Kalau bukan sekarang, kapan lagi?"
Post a Comment