Tuesday, December 22, 2015

SELAMAT HARI IBU 2015!



Hai Fellas!

Taukah kamu kalau hari ini, 22 Desember 2015 adalah HARI IBU NASIONAL.

Peringatan Hari Ibu Nasional atau HIN merupakan salah satu hasil dari pertemuan para pejuang perempuan Indonesia yang berasal dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Pertemuan ini disepakati sebagai Kongres Perempuan Indonesia IV pada tahun 1938. HIN disahkan pula dalam Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang bukan Hari Libur Nasional.


SEKILAS TENTANG KONGGRES PEREMPUAN INDONESIA

     Konggres ini dipelopori oleh para pejuang perempuan Indonesia yang merasa terbatasnya ruang pergerakan untuk perempuan di negeri kita. Tokoh-tokoh tersebut adalah Nn. Soejatin, Nyi Hajar Dewantara, dan Ny. Soekonto. Konggres I diadakan pada tanggal 22-25 Desember 2015 di Mataram, Yogyakarta. Konggres I ini dihadiri oleh 30 perkumpulan wanita, antara lain Putri Indonesia, Wanito Tomo, Wanito Muljo, Wanita Katolik, Aisjiah, Ina Tuni dari Ambon, Jong Islamieten Bond bagian Wanita, Jong Java Meisjeskring, Poetri Boedi Sedjati, Poetri Mardika dan Wanita Taman Siswa.

     Semangat perjuangan untuk menyamakan hak perempuan dan laki-laki menyebabkan konggres ini berkelanjutan. Adapun beberapa hasil konggres ini yaitu:

  1. Mosi pada pemerintahan Belanda untuk menambah sekolah perempuan
  2. Pemerintah diwajibkan membuat UU Perkawinan dan tunjangan untuk para janda dan pegawai Indonesia
  3. Pendirian perkumpulan perempuan Indonesia, Perikatan Perkumpulan Perempuan Indonesia (PPPI)
  4. Mendirikan Badan Pemberantasan Perdagangan Perempuan dan Anak-anak (P4A)
  5. Penentuan 22 Desember sebagai Hari Ibu Nasional


BERBAGAI PERINGATAN HARI IBU NASIONAL

Hari Ibu di Sukoharjo,  Puluhan Lansia Gelar Aksi Peluk Massal
source: rri.co.id
      Masyarakat Jawa Tengah memiliki tradisi sungkeman yang diadakan pada tanggal 21 Desember di Alun-Alun Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan ini selalu berlangsung haru terutama saat sang anak meminta maaf dan memohon doa restu kepada Ibu agar dimudahkan kehidupannya pada tahun selanjutnya. Namun, pada tahun ini perigatannya sedikit lebih berbeda karena adanya tambahan acara yaitu aksi peluk massal dari para Ibu yang datang ke alun-alun kemarin (21/12/15).

     Raksasa mesin pencari, Google.com pun turut dalam hiruk pikuk perayaan Hari Ibu Nasional. Mulai pukul 00.00 WIB hingga 23.59.59 WIB, halaman depan website ini akan menampilkan doodle terbarunya.
Animasi Google Doodle Peringati Hari Ibu 22 Desember 2015
source: google.co.id

     Gambar diatas menunjukkan kasih sayang ibu yang selalu setia melindungi buah hatinya hingga kapanpun.

     Sudahkah kamu mengabari dan mendoakan Ibumu pada hari ini?

Bye fellas!
Post a Comment