Saturday, January 18, 2014

NENTUIN JURUSAN KULIAH YUK~~

Aduh enaknya ngambil apa ya? Kedokteran atau yang lain ya? 


Gue suka seni tapi bingung mau ambil seni rupa apa DKV nih....

Gue suka fisika pengen Fisika Teknik cuman ragu kalau nggak bisa ngikutin pas lagi mandek

Aku bisa semua mata pelajaran tapi gak pede buat milih jurusan kuliah :(



     Hai guys! Ayo siapa yang lagi galau milih kuliah jurusan apa? SNMPTN udah mulau pendaftaran jadi kita sebenarnya udah gak boleh galau lagi (tapi aku juga galau kok). Kali ini aku muncul dengan tips yang mungkin bisa memberi kalian jalan keluar, dan semoga kalian gak bertambah bingung ya :)


1. Kenali kelebihan diri sendiri

     Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengetahui kelebihan diri sendiri, setiap orang memiliki kelebihan yang berbeda-beda sebagai pemberian Tuhan, misal ada yang kuat dalam menghafal, hitung-menghitung, atau ada yang selalu memiliki imajinasi dan ide kreatif. 

     Nah, disini kalian harus mengenali kelebihan dari kalian masing-masing buat pertimbangan bakal kuliah di jurusan apa. "Blue, aku belum tau nih bisa apa aja? Gimana dong:(" Saran gue terus gali kemampuan kalian untuk mencari kelebihan diri, contohnya ya, siapin kertas kosong dan spidol, tulis mata pelajaran yang disukai, hobi, kesukaan dan cita-cita atau keinginan terbesar kamu disitu. Hal apapun dari yang besar sampai yang kecil bisa kamu tulis disitu, misalnya bikin origami atau hobi merhatiin sifat-sifat orang lain. Apapun kelebihan, hobi, minat dan bakat kamu pasti khas dan special. Saran lainnya adalah tulis hobi tadi pas mau tidur dan baca pas baru bangun tidur, ada yang mau ditambahin atau nggak. Dan jangan gak ngerasa pede dengan yang kamu tulis ya :)

     Dan jangan pernah sekali pun mencoba memilih jurusan kuliah karena pacar, teman, sahabat atau bahkan tekanan orang tua. Nah, untuk tekanan orang tua itu harus dipertimbangkan kadang orang tua ada benernya, kalau ternyata emang nggak sejalan ya bicaralah baik-baik dan jelaskan argumen kalian. Eits.. buka mengajarkan untuk membantah orang tua yak. Karena jika kalian salah pilihan yang mungkin tidan sesuai minat dan bakat, kalian akan merasa tidak nyaman saat kalian mengikuti kuliah nanti dan berakibat pada masalah-masalah lain seperti sering bolos, nilai jelek dan stress juga bisa loh~~

2. Cari Informasi Tentang Jurusan

     Setelah nulis di kertas itu, cari informasi selengkap–lengkapnya tentang jurusan tersebut seperti prospek kerjanya setelah lulus seperti apa. Info kayak gitu sekarang gampang kok di dapetin via internet atau kalian bisa tanya ke orang tua, guru BK di sekolah, dan orang-orang di tempat-tempat bimbel, bahkan bisa juga dengan datang langsung ke calon tempat kuliahmu. Cari informasi yang aku maksud tuh kayak profil jurusan tersebut, mata kuliahnya, praktek lapangan, dosen, lokasi, biaya, daya tamping jurusan atau lebih akrab dibilang peluang diterima, fasilitas pelengkap kayak laboratorium dan perpustakaan karenakeduanya penting banget buat menggali ilmu nantinya, kualitas output atau lulusannya, dan sebagainya. Carilah informasi ke orang yang memang paham atau pun menguasai calon jurusan yang kalian tanyakan, karena jika tidak kalian justru akan menjadi bingung.

3. Mau jadi apa setelah lulus kuliah?

     Nah kalau udah nyari info se-kepo-kepo-nya, ini yang penting. Jangan asal pilih jurusan buat kuliah seperti di point 2, banyak yang gengsi untuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri cuman bukan di jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Kalian harus tahu nanti setelah lulus mau jadi apa, maksudnya mau kerja sebagai apa dan sebagainya. 

     Lihatlah ke depan setelah kalian lulus nanti, apakah jurusan yang kalian pilih nanti akan mengantar kalian mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik dan sesuai yang kalian cita-citakan.

     Sekarang banyak lulusan dari jurusan tertentu menganggur, Karena saat ini ntuk mencari kerta tidak hanya melihat ijazah tetapi yang terpenting adalah skill, baik soft skil maupun hardskill dari lulusan perguruan tinggi tersebut. Sehingga perlu juga dijadikan dasar dalam pencarian perguruan tinggi yang mempunyai suasana dan metode perkuliahan yang dapat mendukung upaya peningkatan kompetensi para mahasiswanya. 

     Misalnya kalau mau ambil jurusan Teknik ya larinya ke kampus khusus teknik (contohnya ITS atau ITB), karena kampus teknik memiliki kelebihan di bidang keteknikan daripada jurusan teknik di kampus umum. Tetapi jika kemampuan, kemauan dan keberanian kalian jauh dari orang – orang normal pada umumnya, maka jurusan apa pun yang kalian ambil sah – sah saja a.k.a NEKAT Bro~

4. Bikin beberapa alternatif pilihan

     Hal yang juga harus dipertimbangkan yaitu siapkan alternatif pilihan, bukan berarti kalian bisa santai, tetapi alternatif pilihan hanya untuk berjaga-jaga kalau misal hasil yang didapat tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Tapi tetep, pilihlah alternatif yang sesuai dengan bakat dan minat juga bro~


Okedeh guys, segitu dulu tips nya, semoga bermanfaat dan bisa mengurangi kegalauan kalian buat memilih kuliah

KULIAH ADALAH TEMPAT LATIHAN UNTUK SUKSES, JADI TENTUKAN MASA DEPANMU SESUKSES KULIAHMU GUYS. CHERIOS!~


Jangan lupa buat kasih komentar atau like dari google plus atau akun kamu yang lain ya :) kalau mau nanya-nanya boleh banget ke talktoblue@aol.com see ya!

No comments: